PKH ialah kegiatan proteksi sosial melalui pemberian uang tunai kepada Keluarga Sangat Miskin (KSM), selama keluarga tersebut memenuhi kewajibannya dan sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku.

PKH diarahkan untuk membantu kelompok sangat miskin dalam memenuhi kebutuhan pendidikan dan kesehatan, selain menawarkan kemampuan kepada keluarga untuk meningkatkan pengeluaran konsumsi. PKH diperlukan sanggup mengubah sikap Keluarga Sangat Miskin untuk memeriksakan ibu hamil / Nifas / Balita ke akomodasi kesehatan, dan mengirimkan anak ke sekolah dan akomodasi pendidikan. Dalam jangka panjang, PKH diperlukan sanggup memutus mata rantai kemiskinan antar-generasi.

PKH ialah kegiatan proteksi sosial melalui pemberian uang tunai kepada Keluarga Sangat Anggota Program Keluarga Harapan Desa Hargomulyo Mendapat Bantuan Berupa Kambing

PKH Diikutsertakan Pada Program Bantuan Sosial

PKH Mendapat pinjaman tunai sesuai persyaratan, mendapat pelayanan kesehatan di penyedia pelayanan kesehatan (Puskesmas, Posyandu, Polindes, dsb). mendapat pelayanan pendidikan bagi anak usia wajib berguru pendidikan dasar 9 tahun dan anak usia 15-18 tahun yang belum menuntaskan pendidikan dasar, melalui kegiatan pendidikan formal, informal maupun non formal. Peserta PKH diikutsertakan pada Program pinjaman sosial lainnya (Jamkesmas, BSM, Raskin, Kube, BLSM)

Di desa Hargomulyo, kecamatan Gedangsari penerima PKH mendapat pinjaman kambing satu ekor untuk setiap keluarga yang yang terdaftar dalam Program Keluarga Harapan (PKH). Menurut para penerima yang terdaftar dalam PKH bahwa pinjaman setiap penerima sebanyak 2juta Rupiah.

Uang pinjaman penerima PKH di pergunakan untuk membeli satu buah kambing seharga satu juta empat ratus ribu. Sisa uang sesudah di belikan kambing di gunakan untuk membeli perlengkapan kebutuhan kambing yang akan di pelihara menyerupai polar, sabit, tenggok, bejana dll.

Kambing pinjaman bertujuan untuk diambil keuntungannya. jadi sesudah kambing di pelihara selama enam bulan maka kambing harus di jual dan dibelikan lagi yang sesuai dengan modal awal, untungnya di ambil oleh anggota PKH.