Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) jadinya bisa menikmati nyamannya gedungnya sendiri. Presiden Jokowi meresmikan gedung ‘Merah Putih’ di Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (29/12/2015). Jokowi pun punya impian khusus bagi KPK dengan dibangunnya gedung gres ini.

 jadinya bisa menikmati nyamannya gedungnya sendiri Jokowi Resmikan Gedung Baru KPK Berkonsep Super Keren

Jokowi mengingatkan bahwa semangat saja tidak cukup dalam melaksanakan pencegahan dan pemberantasan korupsi. Jokowi juga menegaskan akan selalu memberi derma dan juga impian pada KPK. Jokowi juga mengingatkan bahwa semua warga negara berkepentingan untuk melawan korupsi.

Konsep Gedung Baru KPK

Gedung yang dibangun di lahan seluas 8,663 meter persegi ini mempunyai konsep secure, smart, and green. Konsep secure gedung gres KPK ini didesain dengan mengatur ruang secara vertikal yang memisahkan area publik dengan area kerja atau area terbatas. Selain itu gedung ini juga dilengkapi peralatan berupa jalan masuk kontrol dan kamera, serta pengamanan aktif petugas.

Sementara konsep smart diwujudkan dengan penggunaan sistem keamanan terintegrasi berupa konsep surveillance camera, access control, visitor management system guard tour. Selain itu, gedung ini juga dilengkapi dengan building otomation system yang bisa mengendalikan semua acara peralatan utama dan penunjang di dalam gedung.

Sedangkan konsep green diwujudkan dengan mengedepankan penghematan penggunaan energi.� Misalnya, penggunaan air hujan untuk keperluan toilet dan penyiraman tanaman, serta desain fasade gedung yang mempertimbangkan overall thermal transfer value(OTTV) tidak melebihi 45 watt/meter persegi. Sehingga penggunaan energi untuk pendingin relatif lebih rendah.

Usai memperlihatkan sambutan, Presiden menandatangan prasasti pelantikan gedung gres KPK dan melaksanakan peninjauan gedung. Tampak hadir pada program ini, Presiden Republik Indonesia ke-3 BJ Habibie dan Presiden Republik Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, serta Wapres Republik Indonesia ke-9 Hamzah Haz.