Pantai Jugala merupakan pantai kecil yang berada dalam daerah pantai Ngedan Gunungkidul. Pantai ini bekerjsama hasl pemekaran dari pengembangan wisata di Pantai Ngedan walaupun sebagian orang masih mengenalnya sebagai bab dari Pantai Ngedan. Kondisi pantai ini cukup alami dan perawan alasannya yaitu belum tersentuh oleh pembangunan daerah wisata.

Pantai Jugala berada satu daerah dengan Pantai Ngedan, dusun Bedalo, desa Krambilsawit, kecamatan Saptosari, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Pantai Jugala merupakan pantai kecil yang berada dalam daerah pantai Ngedan Gunungkidul Jugala Perawan Gunungkidul Yang Mempesona

Rute Menuju Pantai Jugala

Untuk mencapai pantai ini, Anda sanggup memakai kendaraan pribadi baik kendaraan roda empat maupun kendaraan roda dua. Tak usah khawatir kalau Anda tak membawa kendaraan pribadi, di kota Yogyakarta sudah banyak jasa yang menyewakan kendaraan bermotor yang sanggup Anda manfaatkan jasanya. Perjalanan dimulai dari kota Yogyakarta menuju ke kota Wonosari. Anda sanggup menempuh perjalanan melalui jalan Wonosari. Akses jalan Wonosari sendiri sudah beraspal meskipun tetap harus ekstra hati-hati alasannya yaitu medan yang didominasi oleh tanjakan dan tikungan.

Sayangnya, kendaraan Anda tak sanggup pribadi membawa Anda ke Pantai Jugala. Kendaraan hanya sanggup membawa Anda hingga di Pantai Ngedan. Selebihnya, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati tebing sisi barat Pantai Ngedan. Setelah memasuki daerah ladang pertanian warga, terdapat jalan setapak di sebelah kiri yang akan membawa Anda ke pinggir Pantai Jugala. Pantai ini memang cenderung tersembunyi di balik rerimbunan pandan laut, namun pemandangan yang disuguhkan pantai ini tak kalah indah dengan pantai-pantai lain yang akan segera menciptakan lelah Anda selama perjalanan terbayar lunas.

Pesona Pantai Jugala

Meskipun letaknya berdekatan dengan Pantai Ngedan, Pantai Jugala mempunyai abjad yang berbeda dengan Pantai Ngedan. Pantai Jugala tidak mempunyai hamparan pasir putih, namun lebih cenderung di dominasi oleh batuan karang yang memenuhi hampir seluruh area pantai. Perlu diketahui bahwa ombak di pantai ini juga cenderung lebih besar, sehingga tidak disarankan untuk berenang di pantai ini. Selebihnya, Pantai Jugala yang masih sepi pengunjung ini menyuguhkan pemandangan asri dan alami yang sungguh sayang untuk dilewatkan.