Kalau anda kebetulan bepergian ke Pantai Sadeng Kecamatan Girisubo,di perjalanan sebelum masuk TPR Sadeng anda akan menemui jalan yang menantang. Jalan menurun, berkelok dan disebelah kiri anda akan melihat curamnnya tebing dan dalamnnya lembah.

Tapi disela-sela curamnnya jalan, anda akan melihat indahnya pemandangan hijaunya pepohonan dan tanaman dari petani yang ditanam didasar lembah tersebut.Wilayah tersebut ialah Sungai Purba Sadeng. Warga masyarakat ada yang menyebut Telogo Suling. Belum usang ini ada penelitian bahwa, lembah tembah tersebut ialah sungai Bengawan Solo Purba.

Kalau anda kebetulan bepergian ke Pantai Sadeng Kecamatan Girisubo Keindahan Alam Yang Belum Tergali Di Sungai Purba Sadeng Gunungkidul

Papan informasi yang dituliskan dilokasi menyebutkan bahwa Lembah Sungai Purba Sadeng merupakan sistem lembah karts Giritontro-Sadeng yang memanjang sepanjang 20 Km dari kabupaten Wonogiri Jawa Tengah hingga Kabupaten Gunungkidul.

Awal Mula Sungai Purba Sadeng

Awal mulanya, lembah ini ialah sebuah sungai, namun lantaran bencana alam berupa retakan yang disebabkan bencana tektonik selama tiga kali , ratusan ribu tahun yang kemudian ,dijaman Plistosen Tengah. Akhirnya sungai tersebut mengering dan menjadi lembah yang sangat subur. Karena kesuburannya, dilokasi sekitar lembah di huni oleh insan Purba. Hal ini dapat dibuktikan dengan fosil-fosil yang ditemukan berupa sisa makanan yang ada di sekitar lembah.

Seiring dengan perkembangan, tempat di sekitar Sungai Purba Sadeng mulai dikembangkan. Ada beberapa warung yang sudah bangun di pinggir jalan. Warung yang menyediakan makanan dan minuman ringan. Sambil makan minum, kita di suguhi pemandangan alam, berupa indahnya kawasaan lembah sungai purba sadeng.

Sampai ketika ini belum ada optimalisasi pengembangan wisata di tempat tersebut, dapat jadi bila dikelola dengan baik akan menjadi salah satu destinasi wisata andalan di gunungkidul potongan timur.