Pengrajin Pandai Besi Pada Waktu kini memang jarang seakali kita jumpai Yang terang keberadaannya memang Sudah tergese oleh Produk-Produk Pabrikan yang klo kita lihat dari segi tampilan hasil produksinya memang elok . Pandai Besi sanggup menghasilkan hasil -hasil kerajinannya seperti:GOLOK,CANGKUL,PISAU,ALAT PERTUKANGAN(TUKANG KAYU) dan ALAT-ALAT PERTANIAN lainya, Keberadaannya memang sudah mulai tergantikan seiring perkembangan teknologi yang disisi lan menguntungkan disisi lainnya ada yanga jadi korban .Akan tetapi masih ada beberapa PANDI BESI Yang masih eksis memproduksi walaupun jumlah produksinya tidak massal menyerupai yang di Pabrik. Kalau kita bicara kualitas barang buatan Pandai Besi Sebenarnya tidak kalah dengan buatan pabrik disamping itu Sangatlah abadi ,hal ini mungkin alasannya di buat secara manual dan penuh perasaan dalam membuatnya(bercanda).

Pengrajin Pandai Besi Pada Waktu kini memang jarang seakali kita jumpai Yang terang keb Kerajinan Pandai Besi Di Gunungkidul.Seperti yang pernah kita ketahui bersama di kawasan kajar, karang tengah, wonosari Gunungkidul, disitu tedapat beberap pengrajin cerdik besi yang memproduksi banyak sekali macam alat terutama alat alat pertanian yang banyak di gunakan masarakat di gunungkidul pada umumnya. cerdik besi manual memang sudah jarang kita temui, padahal hasil dari produksinya jauh lebih baik kuwalitasnya di banding produksi pabrik.

Salah satu pemilik Pengrajin cerdik besi di kajar, karang tengah menyampaikan bahwa dalam memproduksi produk produk yang di buatnya setiap pengrajin di bantu dua orang. tiga orang mempunyai kiprah masing masing satu oarang bab mengatur dan dua oarang lainya memukul berdasarkan perintah.

Di Kajar ini memang sentral industri cerdik besi yang tidak mengecewakan besar. alasannya disini terdapat banyak pengrajin cerdik besi manual. selain itu di tempat ini juga tersedia materi bahan besi mentah berbgai jenis yang nantinya sanggup di olah menjadi cangkul, sabit, pisau dan lain sebagainya.