Di negara kita ini merupakan negara yang kaya akan potensi alam dan sumber banyak sekali materi alam untuk kebutuhan manusia. Salah satu materi alam yang sanggup dimanfaatkan sebagai materi dekorasi yakni kerikil alam yang banyak jenisnya. Misalnya kerikil candi dari Gunungkidul ini sanggup dibuat menjadi banyak sekali benda hias selain untuk materi bangunan. Warna dan tekstur serta alur-alur yang terdapat pada kerikil alam tersebut menjadi hal yang menarik untuk ditonjolkan.

Di negara kita ini merupakan negara yang kaya akan potensi alam dan sumber banyak sekali materi  Kerajinan Ukir Batu Alam Di Gedangsari

Batu alam lainnya yakni kerikil paras yang berasal dari Gunungkidul, biasanya digunakan untuk hiasan dengan cara dipahat dan dibuat relief atau patung. Adapun penampilan fisik dari kerikil paras ini yaitu ada yang berwarna krem, putih kecoklatan, putih kekuningan, beralur-alur dengan warna lebih gelap atau lebih jelas serta bertekstur indah.

Batu Alam Paras Sering Digunakan Oleh Para Perajin

Batu jenis ini merupakan kerikil alam yang sering digunakan oleh para perajin alasannya yakni kerikil ini tidak keras sehingga gampang dibentuk.Selain itu, benda kerajinan menyerupai patung ataupun bentuk dekorasi lain sanggup diperbanyak dengan dicetak. Karena itulah harganya sanggup lebih rendah daripada benda kerajinan kerikil yang dipahat satu persatu. Namun, tetap saja keindahan alami berupa tekstur dan alur-alur pada kerikil tidak sanggup ditiru oleh manusia. Penemuan materi yang penampilannya hampir sama dengan kerikil yang orisinil ini memperlihatkan kebebasan kepada konsumen untuk menentukan jenis kerikil yang dikehendaki.

 

Di Kecamatan Gedangsari khususnya di desa Hargomulyo terdapat beberapa orang pengrajin ukir kerikil alam. Seperti yang dilakukan oleh bapak Haris dari Dusun Jetis, Desa Hargomulyo, Kecamatan Gedangsari ini sudah menekuni pekerjaan ini semenjak dulu. Pak Haris ini lebih banyak mengerjakan ukir yang berupa patung. Pak Haris hanya melayani pesanan saja dalam menciptakan patung kerikil alam ini.

Selain itu ada juga pengrajin ukir kerikil alam dari Dusun Balong, Desa Hargomulyo, Kecamatan Gedangsari yang berjulukan pak Sukardi ia yakni pengrajin kerikil alam khusus untuk dekorasi rumah menyerupai lukisan dan ornamen-ornamen yang lainnya.