Tahun gres ialah suatu perayaan di mana suatu budaya merayakan berakhirnya masa satu tahun dan menandai dimulainya hitungan tahun selanjutnya. Budaya yang memiliki kalender tahunan semuanya memiliki perayaan tahun baru. Hari tahun gres di Indonesia jatuh pada tanggal 1 Januari sebab Indonesia mengadopsi kalender Gregorian, sama ibarat secara umum dikuasai negara-negara di dunia.

Menjelang detik-detik pergantian tahun baru, di sejumlah kawasan digelar atraksi dan hiburan. Begitu pula di Wonosari, Gunungkidul.� Di Bangsal Sewokoprojo akan dilakukan malam refleksi dipimpin Plt Bupati Ir Budi Antono MSi dan dihadiri seluruh Kepala SKPD. Dilanjutkan peringatan detik-detik pergantian tahun di Alun-alun Wonosari dengan hiburan campursari Sanggar Ungu pimpinan Joni Gunawan dengan sederetan bintang tamu, diakhiri pesta kembang api.

Tahun gres ialah suatu perayaan di mana suatu budaya merayakan berakhirnya masa satu tahu Pesta Kembang Api Akan Meriahkan Pergantian Tahun Di Wonosari, Gunungkidul Malam Nanti

Menurut Kabag Humas dan Protokol Drs Agus Kamtono MSi, malam refleksi akan dimulai pukul 20.00 WIB dengan hiburan campursari. Selanjutnya pukul 23.00 WIB bupati dan rombongan Muspida menuju Alun-alun Wonosari untuk merayakan detik-detik pergantian tahun. Sementara itu di objek wisata Nglanggeran, pengelola menyiapkan paket wisata khusus diantaranya akan digelar hiburan musik calung dan pesta kembang api.

Semarak Pesta Kembang Api

Sedangkan bagi wisatawan yang menginap di sejumlah homestay disediakan kemudahan untuk dapat menikmati sunrise, makan dua kali, transport lokal dan mengunjungi seluruh destinasi yang ada di Nglanggeran, Patuk mulai dari Gunung Api Purba, Embung Nglanggeran dan lainnya. “Panggung hiburan dan pesta kembang api dipusatkan di Embung Nglanggeran,” kata Sugeng Handoko di Wonosari, Kamis (31/12/2015).

Di Pantai Baron, Kecamatan Tanjungsari pada malam tahun gres digelar hiburan musik elekton, dilanjutkan pesta kembang api oleh kelompok sadar wisata setempat. “Sebelumnya para pedagang dan warga pesisir Baron menyelenggarakan kenduri sebagai rasa syukur dan memohon keselamatan pada tahun yang akan datang,” kata Wawan Ketua Pokdarwis Baron.