Geopark Gunungsewu telah masuk dalam Global Geopark Network (GGN). Adapun Geosite yang ada di Gunungkidul ada 13, yakni mencakup Pantai Baron-Kukup-Krakal, Hutan Wanagama, Hutan Turunan, Gua Ngingrong, Goa Jlamprong, Air terjun Bleberan, Lembah Bengawan Solo Purba, Pantai Siung-Wediombo, Luweng Goa Jomblang, Luweng Kali Suci, Endapan Laut Miosen Awal (Formasi Sambi Pitu), dan Gunungapi Miosen Awal (Formasi Nglanggran).

Geopark gunung sewu menyimpan keunikan yang tidak dimiliki wilayah lain. Keunikan tersebut berupa geosite deretan sambi pitu, yang berisi fosil binatang yang terpendam jutaan tahun silam. Formasi sambi pitu ini berlokasi di bawah jembatan desa Ngalang, Gedangsari, terhampar bebatuan yang ibarat cacing tersebar hampir diseluruh pelataran.

Geopark Gunungsewu telah masuk dalam Global Geopark Network  Satu Yang Unik Dari Geopark Gunung Sewu, Fosil Biota Laut Di Desa Ngalang, Gunungkidul

Fosil Biota Laut Di Desa Ngalang

Kabid pengembangan produk wisata disbudpar Gunungkidul, Hary Sukmono mengatakan, deretan sambi pitu ini merupakan fasa proses sedimentasi sehabis adanya peletusan gunung api Nglanggran, sehingga menghasilkan endapan bahari yang terbentuk sekitar 16 juta tahun lalu.

Bebatuan ibarat cacing itu memang merupakan endapan fosil biota laut. longsoran bawah bahari yang dialami oleh sedimen pasir, lempung dan serpih menghasilkan struktur sedimen yang unik ibarat lapisan terpelintir, dengan itu terbentuk fosil.

Untuk mendorong pengembangan dan derma fosil tersebut, maka pihaknya akan mendorong masyarakat untuk pembuatan kelompok sadar wisata. Pokdarwis ini nantinya sanggup menyebarkan tingkat perekonomian desa setempat.

Sementara itu, GM Geopark Budi Martono menambahkan, pihaknya juga akan terus melaksanakan pengembangan dan derma setiap ada yang masuk geoside di Gunungsewu. Sebab wilayah itu membentang di Kabupaten Gunungkidul, Wonogiri, dan Pacitan. �Untuk deretan sambi pitu akan kita upayakan supaya tidak rusak, alasannya yakni lokasinya berada dibawah jembatan dan riskan rusak,� imbuhnya.