Program BSM yaitu Program Nasional yang bertujuan untuk menghilangkan halangan siswa miskin berpartisipasi untuk bersekolah dengan membantu siswa miskin memperoleh susukan pelayanan pendidikan yang layak, mencegah putus sekolah, menarik siswa miskin untuk kembali bersekolah, membantu siswa memenuhi kebutuhan dalam kegiatan pembelajaran, mendukung kegiatan Wajib Belajar Pendidikan Dasar Sembilan Tahun (bahkan sampai tingkat menengah atas), serta membantu kelancaran kegiatan sekolah.

Program BSM yaitu Program Nasional yang bertujuan untuk menghilangkan halangan siswa misk SLTPN3 Gedangsari Menerima Bantuan Siswa  Miskin (BSM)Melalui Program BSM ini diperlukan anak usia sekolah dari rumah-tangga/keluarga miskin sanggup terus bersekolah, tidak putus sekolah, dan di kala depan diperlukan mereka sanggup memutus rantai kemiskinan yang ketika ini dialami orangtuanya. Program BSM juga mendukung komitmen pemerintah untuk meningkatkan angka partisipasi pendidikan di Kabupaten/Kota miskin dan terpencil serta pada kelompok marjinal.

Program ini bersifat sumbangan pribadi kepada siswa dan bukan beasiswa, sebab menurut kondisi ekonomi siswa dan bukan menurut prestasi (beasiswa) mempertimbangkan kondisi siswa, sedangkan beasiswa diberikan dengan mempertimbangkan prestasi siswa.

Penerima Dana BSM

Penerima dana BSM yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu siswa miskin dan rentan pada SD (SD), SMP (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) negeri dan swasta yang telah memenuhi kriteria sesuai pedoman/petunjuk teknis yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Penerima dana Beasiswa Bakat dan Prestasi yaitu siswa yang mempunyai prestasi di bidang akademik/non-akademik pada SD, SMP, Sekolah Menengan Atas atau Sekolah Menengah kejuruan yang telah memenuhi kriteria sesuai pedoman/petunjuk teknis yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hari ini Para Siswa SLTPN3 Gedangsari telah mendapatkan sumbangan BSM Sebanyak 750.000. Para siswa mengambil secara pribadi uang sumbangan BSM ke Bank BRI cabang Nglipar. Dalam pengambilan sumbangan ini para sisiwa harus tiba sendiri untuk mengambil sumbangan BSM dihentikan di wakilkan kepada siapapun termasuk orang tuanya sendiri.